Fungsi Hadis Terhadap Alquran



Kedudukan Hadits Dalam Syari At Islam Dan Fungsi Hadits

FUNGSI HADITS TERHADAP AL-QUR’AN

I.          PENDAHULUAN

Kita tahu bahwa umat Islam menggunakan al-Qur’an dan hadits sebagai pedoman hidup, sumber hukum dan ajaran islam, tidak dapat di pisahkan antara satu dan lainnya. Al-Qur’an sebagai sumber pertama memuat ajaran-ajaran yang bersifat umum dan global, yang perlu di jelaskan lebih lanjut dan terperinci. Sedangkan hadits sebagai sumber ajaran yang kedua tampil untuk menjelaskan ke umuman isi alqur’an tersebut.

Allah SWT menurunkan alquran bagi umat manusia,agar alquran ini dapat di fahami oleh manusia,maka Rasul SAW di perintahkan untuk menjelaskan kandungan dan cara-cara melaksanakan ajarannya kepada mereka melalui hadis-hadisnya.Oleh karena itu,fungsi hadis sebagai penjelas al-Quran itu bermacam-macam. Dalam makalah kali pemakalah akan membahas tentang fungsi hadis terhadap Al-Qur’an.

II.          RUMUSAN MASALAH

a.      Fungsi hadits terhadap Al-Qur’an

b.     Macam-macam fungsi hadits (bayan) terhadap Al-Qur’an

III.          PEMBAHASAN

a.      Fungsi hadis terhadap al-Quran

Dr. Musthafa As-Siba’iy menjelaskan,bahwa fungsi hadis terhadap alquran ada 3 macam. Yakni :

1.     Memperkuat hukum yang terkandung dalam al-Qur’an, baik yang global maupun yang detail.

2.     Menjelaskan hukum-hukum yang terkandung dalam al-Quran,yaknimentaqyidkan yang muthlaq,mentafsilkan yang mujmal dan mentakhshishkan yang ‘am.

3.     Menetapkan hukum yang tidak di sebutkan oleh al-Quran. Untuk fungsi yang nomer tiga ini, para ulama berbeda pendapat,tetapi perpedaan itu bukanlah tentang wujudnya hukum yang telah di tetapkan oleh hadis itu,tetapi berkisar pada masalah apakah hukum dari hadis itu berada di luar hukum-hukum al-Qur’an, ataukah memang telah tercakup juga oleh nash-nash al-Quran secara umum.

b.     Macam-macam bayan (penjelas)

Hadits sebagai penjelas atau bayan Al-Qur’an itu memiliki bermacam-macam fungsi. Imam Malik menyebutkan lima macam fungsi, yaitu sebagai bayan at-taqrir, bayan at-tafsir, bayan at-tafsil, bayan at-bast, bayan at-tasyri. Sementara itu, Imam Safi’i menyebutkan lima fungsi, yaitu bayan at-tafsil, bayan at-takhsis, bayan at-ta’yin, bayan at-tasyri dan bayan an-nasakh. Dalam “Al-Risalah” ia menambahkan dengan bayan al-isyarah.Ibnu qoyyim menyebutkan empat bayan, yaitu; bayan ta’kid, bayan tafsir,bayan tasyri’, bayan takhsis dan takyid. Imam Ahmad dan Hanbal menyebutkan empat fungsi yaitu bayan al-ta’kid, bayan at-tafsir, bayan at-tasyri dan bayan at-takhsis. Dari berbagai pendapat di atas, kami mengambil pengertian dari Imam Ahmad dan Hanbal sebagai berikut :

1.     BAYAN AT-TAQRIR

Bayan at-taqrir di sebut juga bayan al-ta’kid dan bayan al-istbat. Yang di maksud dengan bayan ini, ialah menetapkan dan memperkuat yang telah diterangkan di dalam al-Quran. Suatu contoh hadis riwayat Bukhari dari Abu Hurairah sebagai berikut :

قل رسول الله صلي الله ءليه ؤ سلم لا تقبل صلا ة من ا حتئ ئتؤ ضاء

Artinya:

            “Rasul SAW. Bersabda, Tidak diterima shalat seseorang yang berhadas sebelum ia berwudhu.”

            Hadis diatas men-taqrir ayat al-Quran di bawah ini

$pkšr'¯»tƒ šúïÏ%©!$# (#þqãYtB#uä #sŒÎ) óOçFôJè% n<Î) Ío4qn=¢Á9$# (#qè=Å¡øî$$sù öNä3ydqã_ãr öNä3tƒÏ÷ƒr&ur n<Î) È,Ïù#tyJø9$# (#qßs|¡øB$#ur öNä3ÅrâäãÎ/ öNà6n=ã_ör&ur n<Î) Èû÷üt6÷ès3ø9$# 4 bÎ)ur öNçGZä. $Y6ãZã_ (#r㍣g©Û$$sù 4 bÎ)ur NçGYä. #ÓyÌó£D ÷rr& 4n?tã @xÿy ÷rr& uä!%y` Ótnr& Nä3YÏiB z`ÏiB ÅÝͬ!$tóø9$# ÷rr& ãMçGó¡yJ»s9 uä!$|¡ÏiY9$# öNn=sù (#rßÅgrB [ä!$tB (#qßJ£JutFsù #YÏè|¹ $Y6ÍhŠsÛ (#qßs|¡øB$$sù öNà6Ïdqã_âqÎ/ Nä3ƒÏ÷ƒr&ur çm÷YÏiB 4 $tB ߃̍ムª!$# Ÿ@yèôfuŠÏ9 Nà6øn=tæ ô`ÏiB 8ltym `Å3»s9ur ߃̍ムöNä.tÎdgsÜãŠÏ9 §NÏGãŠÏ9ur ¼çmtGyJ÷èÏR öNä3øn=tæ öNà6¯=yès9 šcrãä3ô±n@ ÇÏÈ  

6. Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, Maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub Maka mandilah, dan jika kamu sakit[403] atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh[404] perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, Maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.

[403] Maksudnya: sakit yang tidak boleh kena air.

[404] Artinya: menyentuh. menurut jumhur Ialah: menyentuh sedang sebagian mufassirin Ialah: menyetubuhi.

Adapun contoh hadis lain yang berbunyi

صو مو الرويتة وافطروالرؤيته(رواه البخاري ومسلم عن ابي هر يرة)

Artinya :

            “Berpuasalah kamu sesudah melihat bulan dan berbukalah(berhari raya) kamu sesudah melihat bulan”.

Merupakan penguat/pengokoh terhdap Al-Quran yang berbunyi

ãöky­ tb$ŸÒtBu üÏ%©!$# tAÌRé& ÏmŠÏù ãb#uäöà)ø9$# Wèd Ĩ$¨Y=Ïj9 ;M»oYÉit/ur z`ÏiB 3yßgø9$# Èb$s%öàÿø9$#ur 4 `yJsù yÍky­ ãNä3YÏB tök¤9$# çmôJÝÁuŠù=sù ( `tBur tb$Ÿ2 $³ÒƒÍsD ÷rr& 4n?tã 9xÿy ×o£Ïèsù ô`ÏiB BQ$­ƒr& tyzé& 3 ߃̍ムª!$# ãNà6Î/ tó¡ãŠø9$# Ÿwur ߃̍ムãNà6Î/ uŽô£ãèø9$# (#qè=ÏJò6çGÏ9ur no£Ïèø9$# (#rçŽÉi9x6çGÏ9ur ©!$# 4n?tã $tB öNä31yyd öNà6¯=yès9ur šcrãä3ô±n@ ÇÊÑÎÈ  

185. (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). karena itu, Barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, Maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan Barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), Maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.

2.     BAYAN AT-TAFSIR

Yang di maksud dengan bayan at-tafsir adalah memberikan penafsiran terhadap ayat-ayat Al-Quran yang masih mujmal(global). Contoh ayat-ayat Al-Qurn yang masih mujmal adalah perintah mengerjakan sholat baik mengenai cara mengerjakan,sebab-sebabnya,syarat-syarat,ataupun halangan-halangannya. Oleh karena itu, Rasul SAW melalui hadisnya menafsirkan dan menjelaskannya seperti siaebutkan dalam hadis di bawah ini

صلواكما رايتمونى اصلى((رواه البخاري ومسلم)

Artinya :

                        “Shalatlah sebagaimana engkau melihat aku shalat”.

Hadis ini menerangkan tata cara salat sebagaimana firman Allah SWT. Dalam surat Al-Baqarah 43 :

(#qßJŠÏ%r&ur no4qn=¢Á9$# (#qè?#uäur no4qx.¨9$# (#qãèx.ö$#ur yìtB tûüÏèÏ.º§9$# ÇÍÌÈ  

43. dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku'[44].

[44] Yang dimaksud Ialah: shalat berjama'ah dan dapat pula diartikan: tunduklah kepada perintah-perintah Allah bersama-sama orang-orang yang tunduk.

Merupakan penjelas terhadap firman Allah yang masih global yng memerintahkan orang-orang mukmin untuk mengerjakan shalat.

Selain di atas ada hadis Rasul yang berbunyi:

طلا ق الأمة قطلىقتا ن وعد تها حىضتان(رواه ابوداودوالترمذى وابن ما جة عن عا ئسة)

Artinya

                        “Thalaq budak itu dua kali, dan iddahnya dua kali haid(riwayat Abu Daud,Turmudzi,Ibnu Majah,dari Aisyah)

Merupakan penjelas terhadap yat Al-Quran yang mengandung kata-kata musytarak(satu lafadz yang mengandung beberapa makna) dalam ayat

àM»s)¯=sÜßJø9$#ur šÆóÁ­/uŽtItƒ £`ÎgÅ¡àÿRr'Î/ spsW»n=rO &äÿrãè% 4 )

228. wanita-wanita yang ditalak handaklah menahan diri (menunggu) tiga kali quru'(Al-Baqarah:228)

 [142] Quru' dapat diartikan suci atau haidh.

[143] Hal ini disebabkan karena suami bertanggung jawab terhadap keselamatan dan Kesejahteraan rumah tangga (Lihat surat An Nisaa' ayat 34).

3. BAYAN AT-TASYRI

Yang dimaksud bayan at-tasyri adalah mewujudkan suatu hukum yang tidak di dapati didalam Al-Quran. Bayan ini disebut juga dengan bayan zaid ala Al-Kitab Al-Karim.

Contoh hadisnya yaitu

ان رسول ا لله عليه و سلم فرض زكا ة الفطر من ر مضا ن على الناس صا عا من تمر أو صا عا من شعىر على كل حرأو عبد ذ كر أو أنثى من المسلمىن(رواه مسلم)

“Bahwasanya Rasul SAW telah mewajibkan zakat fitrah kepada umat islam pada buln ramadhan satu sukat(sha’) kurma atau gandum untuk setiap orang,baik merdeka atau hamba,laki-laki atau perempuan Muslim”.(HR.Muslim)

4.     BAYAN AN-NASAKH

Menurut ulama mutaqaddimin, yang di sebut bayan an-nasakh ialaha adanya dalil syara’(yang dapat menghapus ketentuan yang telah ada),karena datangnya kemudian.

Salah satu contohnya adalah

ل و صىة لوا ر ث

Artinya:

            “Tidak ada wasiat bagi ahli waris”.

Hadis ini me-nasakh isi Al-Quran surat Al-Baqarah 180

|=ÏGä. öNä3øn=tæ #sŒÎ) uŽ|Øym ãNä.ytnr& ßNöqyJø9$# bÎ) x8ts? #·Žöyz èp§Ï¹uqø9$# Ç`÷ƒyÏ9ºuqù=Ï9 tûüÎ/tø%F{$#ur Å$rã÷èyJø9$$Î/ ( $ˆ)ym n?tã tûüÉ)­FßJø9$# ÇÊÑÉÈ  

180. diwajibkan atas kamu, apabila seorang di antara kamu kedatangan (tanda-tanda) maut, jika ia meninggalkan harta yang banyak, Berwasiat untuk ibu-bapak dan karib kerabatnya secara ma'ruf[112], (ini adalah) kewajiban atas orang-orang yang bertakwa.

[112] Ma'ruf ialah adil dan baik. wasiat itu tidak melebihi sepertiga dari seluruh harta orang yang akan meninggal itu. ayat ini dinasakhkan dengan ayat mewaris.

IV.          KESIMPULAN

Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa:

a.                    Hadits sebagai sumber hukum yang ke dua setelah Al-Quran

b.                   Fungsi hadis Memperkuat hukum, Menjelaskan hukum-hukum,dan    Menetapkan hukum yang tidak di sebutkan oleh al-Quran.

c.                    Menurut Imam Ahmad dan Hanbal menyebutkan empat fungsi yaitu bayan al-ta’kid, bayan at-tafsir, bayan at-tasyri dan bayan at-takhsis.

V.          PENUTUP

Demikian makalah yang dapat kami samapaikan tentang fungsi-fungsi hadits terhadap Al-Qur’an di sertai dengan berbagai contoh,semoga bermanfaat. Tentunya makalah ini tidak terlepas dari kesalahan maupun kekurangan dalam pengisian materi. Oleh karena itu, pemakalah menerima kritik maupun saran  yang membangun guna memperbaiki makalah selanjutnya.

DAFTAR PUSTAKA

·        Ismail,Syuhudi.Pengantar Ilmu Hadits. Angkasa.Bandung:1991

·         

Gallery Fungsi Hadis Terhadap Alquran

4 Fungsi Hadis Terhadap Al Qur An Awalilmu Com

Peranan Al Hadis Sebagai Sumber Rujukan Dalam Bidang Sains

Peran Dan Fungsi Hadits Terhadap Al Quran Langit Merah

Doc Kelompok Ii Hadis Docx Nur Hanifah Academia Edu

Kajian Islam Fungsi Hadits Terhadap Al Quran

Fungsi Hadits Terhadap Al Quran Zulfan Afdhilla

Kedudukan Dan Fungsi Hadits Terhadap Al Qur An

Fungsi Hadis Dalam Al Quran Zamami

Bayan At Tasyri Yg Artinya Brainly Co Id

Pdf Prestasi Aplikasi Hadis Digital Berteraskan Technology

Pejabat Mufti Wilayah Persekutuan Irsyad Al Hadith Siri Ke

Fungsi Hadits Terhadap Al Qur An Beserta Contohnya Harus

Praktek Memahami Hadis Ppt Download

Fungsi Hadis Terhadap Al Quran Suduthukum Com

Pdf Islam Dan Penuaan Bahagian 1 Pemikiran Asas

Evaluasi Fungsi Hadis Terhadap Alquran

Tolong Dijawab Ya Bang Brainly Co Id

Dahri Globe Fungsi Hadis Terhadap Al Qur An

Al Qur An Dan Hadis Dan Ilmu Pemasaran By Yusuf Seto

Fungsi Hadis Terhadap Al Quran Eljq7dmkgw41

Fungsi Hadits Terhadap Al Qur An Beserta Contohnya Harus

Fungsi Hadis Terhadap Al Quran

Ulumul Qur An Fungsi Hadis Terhadap Al Qur An

Pdf Flora Dan Fauna Dalam Al Qur An Dan Al Hadis

Kedudukan Dan Fungsi Hadis Terhadap Alquran


Belum ada Komentar untuk "Fungsi Hadis Terhadap Alquran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel